PENGERTIAN DAN FUNGSI DATABASE

Data Base
Database merupakan suatu koleksi data komputer yang terintegrasi. Diorganisasikan dan disimpan dalam suatu cara yang memudahkan pengambilan kembali, banyak file dapat terintegrasi secara logis dan ini merupakan konsep dari suatu database.

Pengertian Data Base
Database adalah kumpulan tabel-tabel yang saling berelasi, relasi tersebut biasa ditunjukan dengan atribut kunci dari tiap tabel yang ada. Satu database menunjukan satu kumpulan data yang dipakai dalam satu lingkup sistem. Dalam satu tabel terdapat record-record yang sejenis, sama besar, sama bentuk merupakan satu kumpulan entity yang seragam. Satu record terdiri dari field-field yang saling berhubungan untuk menunjukan bahwa field tersebut dalam satu yang lengkap dan direkam dalam satu record.( Fathansyah, Buku Teks Komputer Basis Data,1999)

Data Base Manajemen Sistem (DBMS)
Diperlukan suatu sistem untuk diintegrasikan data file kedalam suatu file sehingga bisa melayani berbagai user yang berbeda. Perangkat keras dan lunak serta prosedur yang mengelola database manajemen sistem.
DBMS memungkinkan untuk membentuk dan meremajakan file-file, memilih, mendatakan dan menyortir data, dan untuk menghasilkan laporan-laporan.

Fungsi yang penting dari DBMS adalah sebagai berikut :
1.  Menyediakan sistem akses cepat.
2.  Mengurangi kerangkapan data dan redudancy data.
3.  Memungkinkan adanya updating secara bersama.
4.  Menyediakan sistem yang memungkinkan dilakukannya pengembangan database.
5.  Memberikan perlindungan dari pihak pemakai tidak berhak.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

artikel tentang bios

Tradisi Sibernatika