tradisi komunikasi sosiopsikologis

Tradisi sosiopsikologis 
 Dalam Teori Komunikasi mempunyai pengaruh  yang sangat kuat pada bagaimana cara kita berpikir tentang pelaku komunikasi sebagai individu yang merupakan sebuah teori dalam meneliti mengenai Perilaku Manusia. Tujuan dari Tradisi Sosiopsikologis adalah untuk memahami bagaiman dan dan mengapa setiap individu manusia berperilaku  seperti yang berperilaku seperti yang mereka perbuat, sedangkan dalam komunikas, ilmu pengetahuan dalam tradisi ini mencoba untuk menjawab “Apa yang memperkirakan bagaiman pelaku komunikasi  akan berpikir dan bertindak dalam kondisi seperti ini?” 
Tradisi sosio-psikologi dapat dibagi menjadi 3 cabang: 
a.       Perilaku. Konsentrasinya pada bagaimana orang sebenarnya berperilaku di situasi komunikasi, hubungan apa yang kita katakana dan apa yang kita lakukan. Dalam sudut pandang perilaku, teori-teori berkonsentrasi pada bagaimana manusia berperilaku dalam situasi-situasi komunikasi. Teori-teori tersebut biasanya melihat hubungan antara perilaku komunikasi, apa yang dikatakan dan dilakukan dalam kaitannya dengan beberapa variabel, seperti sifat pribadi, perbedaan situasi, dan pembelajaran. Ketika perilaku tertentu diberi penghargaan, perilaku tersebut akan diulang. Hal ini dapat disebut sebagai pembelajaran (learning). Sedangkan ketika respon diberi hukuman, perilaku tersebut akan berhenti atau unlearned. 
b.      Kognitif. Teori kognitif memberikan pemahaman bagaimana manusia memproses informasi dan berpusat pada bentuk pemikiran. Cabang ini berkonsentrasi pada bagaimana individu memperoleh, menyalurkan dan memproses informasi yang digunakan untuk menuntun perilaku yang ditunjukkan. Dengankata lain, apa yang dilakukan dalam situasi komunikasi bergantung tidak hanya pada bentuk stimulus-respon, melainkan pada operasi mental yang digunakan untuk mengolah informasi. 
c.       BiologisApapun pemikiran dan perilaku kita terhubung secara biologis dan berkembang tidak hanya berasal dari proses belajar atau dari factor situasi melainkan juga dari pengaruh bawaan neurobiologis sejak lahir. 
  
  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

artikel tentang bios

Tradisi Sibernatika